Anda harus mencari tahu bagaimana cara menambah halaman di Google Docs untuk menunjang pekerjaan maupun tugas lainnya.
Baik pengguna yang bekerja di komputer maupun yang lebih suka mengaksesnya melalui perangkat seluler seperti smartphone, Google Docs menawarkan berbagai fitur yang memudahkan dalam mengatur tata letak dan format dokumen.
Salah satu fitur penting yang dapat membantu dalam mengorganisasi dokumen adalah kemampuan untuk menambahkan halaman baru.
Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menambahkan halaman di Google Docs baik pada PC maupun perangkat seluler.
Dilaporkan oleh Hubspot, Google Docs adalah sebuah layanan pengolah kata yang disediakan secara gratis kepada pengguna Google.
Secara sederhana, Google Docs dapat dianggap sebagai versi alternatif Microsoft Word yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen tertulis secara daring.
Google Docs memiliki beragam kegunaan yang luas, termasuk pembuatan catatan rapat, surat lamaran, proposal, dan banyak lagi.
Aplikasi ini dapat diakses melalui laptop dengan membuka situs web resmi Google Docs dan masuk dengan akun Gmail.
Untuk penggunaan dari perangkat seluler, aplikasi Google Docs dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.
Sebagaimana dijelaskan oleh Make Use Of, salah satu keunggulan Google Docs adalah kemampuannya untuk mengedit dokumen dari mana saja dan menyimpan perubahan secara otomatis.
Ini menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan ulang dokumen berulang kali, menghemat waktu dan usaha.
Google Docs bukan aplikasi yang mengubah gambar menjadi teks, namun justru memiliki keunggulan yang banyak membantu pekerjaan Anda.
Salah satu fitur paling berguna dari Google Docs adalah kemampuan untuk mengedit dokumen secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna saat bekerja dalam tim atau proyek bersama.
Dengan izin penuh dari pemilik dokumen, pengguna dapat mengedit detail dalam dokumen, dan perubahan tersebut akan tercatat dalam riwayat dokumen.
Untuk melihat perubahan yang telah dilakukan dan siapa yang melakukan perubahan tersebut, pengguna dapat mengklik tautan “Lihat perubahan baru” atau “Edit terakhir oleh…” yang terletak di samping menu Bantuan.
Riwayat versi juga dapat diakses melalui menu File.
Keunggulan lainnya adalah fitur obrolan dan komentar yang ada di Google Docs. Pengguna dapat berdiskusi tentang isi dokumen dengan orang lain yang memiliki akses ke dokumen yang sama.
Untuk memulai obrolan, pengguna hanya perlu mengklik ikon di bagian atas kanan layar.
Sementara itu, fitur komentar memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar pada kalimat atau paragraf tertentu dengan mengklik ikon yang sesuai.
Berikut ini beberapa cara menambah halaman di Google Docs yang bisa Anda pilih:
Untuk menambahkan halaman baru ke dalam dokumen Google Doc Anda di PC, ada tiga metode yang dapat Anda pilih melalui menu “Sisipkan,” menggunakan perintah keyboard, atau melalui pemformatan paragraf.
Pertama, buka situs web Google Docs dan akses dokumen yang ingin Anda tambahkan halamannya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
Cara menambah halaman di Google Docs juga bisa Anda lakukan menggunakan perintah keyboard dengan langkah-langkah:
Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat menggunakan perintah keyboard berikut untuk menyisipkan cara menambah halaman di Google Docs:
Metode ketiga cara menambah halaman di Google Docs adalah dengan menggunakan pemformatan paragraf. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Cara Menambahkan Halaman ke Google Doc di iPhone
Anda juga dapat menambahkan halaman baru ke dokumen Anda menggunakan aplikasi Google Docs di iPhone.
Berikut ini cara menambah halaman di Google Docs di iPhone:
Dengan mengikuti salah satu dari cara menambah halaman di Google Docs, Anda dapat bekerja tanpa halangan
Jika Anda menggunakan aplikasi Google Docs di perangkat seluler seperti smartphone atau tablet, berikut cara menambah halaman di Google Docs:
Anda juga dapat menggunakan shortcut sebagai cara menambah halaman di Google Docs. Tekan Ctrl+Enter untuk perangkat Windows, Linux, atau Chromebook, atau tekan Command+Enter untuk perangkat Mac.
Anda dapat menerapkan cara ini baik di PC maupun perangkat seluler jika menggunakan keyboard eksternal.
Untuk memastikan bahwa halaman terpisah dengan benar, Anda dapat memeriksa menu “View” dan pilih “Show Print Layout”.
Dengan cara menambah halaman di Google Docs ini, lembar kerja akan terlihat terbagi menjadi dua halaman yang berbeda. Jika “Show Print Layout” tidak diaktifkan.
Anda hanya akan melihat garis tipis yang memisahkan satu halaman dengan halaman lainnya.
Demikianlah cara menambah halaman di Google Docs yang bisa Anda pelajari untuk berbagai perangkat yang Anda gunakan.
Tidak ada komentar