6 Tips Gemuk dalam Seminggu, Bisa Menambah Berat Bada Hingga 5 Kg

6 Tips Gemuk dalam Seminggu, Bisa Menambah Berat Bada Hingga 5 Kg

HAK SUARA
1 Okt 2023 23:48
Viral 0 46
6 menit membaca

Mendapatkan penampilan gemuk dalam seminggu mungkin menjadi tujuan bagi beberapa orang.

Terutama mereka yang merasa kurus dengan indeks massa tubuh (IMT) di bawah 18,5. 

Namun, penting untuk diingat bahwa tips gemuk dalam seminggu harus dilakukan dengan bijak demi menjaga kesehatan jangka panjang.

Ketika seseorang memiliki tubuh kurus, bisa timbul perasaan kurang menarik dan kurang percaya diri. 

Selain itu, risiko masalah kesehatan pun meningkat. 

Tubuh yang terlalu kurus dapat meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, anemia, hipotermia, hipoglikemia, masalah kesuburan, dan masalah irama jantung.

Bagi yang ingin gemuk dalam seminggu, ada beberapa tips yang bisa dicoba. 

Namun, penting untuk memilih cara yang aman dan sehat, seperti meningkatkan asupan kalori dengan makan makanan bergizi, mengonsumsi protein tinggi, serta melakukan latihan kekuatan untuk membangun massa otot.

Tips Gemuk dalam Seminggu

Meningkatkan berat badan adalah tujuan yang dapat dicapai dengan memastikan bahwa asupan kalori Anda melebihi pembakarannya. 

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan metode “jalan ninja” atau cara instan bukanlah pilihan yang aman atau disarankan untuk menggemukkan badan. 

Tindakan seperti itu justru dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda dalam jangka panjang. 

Sebagai pedoman umum, peningkatan berat badan yang sehat seharusnya tidak melebihi 0,5 kg per minggu.

Jika Anda ingin gemuk dalam seminggu dengan tujuan memperbaiki penampilan Anda, berikut adalah beberapa tips yang aman dan dapat diterapkan:

Makan 3 – 5 kali sehari

Makan 3 - 5 kali sehari Tips Gemuk dalam Seminggu
Foto: Halodoc

Memastikan Anda makan setidaknya tiga kali sehari adalah langkah awal yang dapat mempermudah peningkatan asupan kalori Anda. 

Selain itu, ngemil di antara waktu makan juga bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah kalori yang Anda konsumsi. 

Bagi yang ingin gemuk dalam seminggu, ada beberapa tips gemuk yang bisa diikuti. 

Salah satunya adalah memilih makanan tinggi kalori dan nutrisi seperti alpukat, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. 

Selain itu, pastikan untuk menjaga aktivitas fisik agar tetap sehat, dan konsultasikan dengan ahli gizi jika Anda memiliki kesulitan mencapai tujuan penambahan berat badan Anda.

Latihan beban

Latihan beban Tips Gemuk dalam Seminggu
Foto: ReFIT Indonesia

Tips gemuk dalam seminggu yang bisa Anda jalani adalah dengan latihan beban minimal tiga kali dalam seminggu merupakan langkah penting dalam mencapai berat badan yang sehat. 

Rutinitas ini tidak hanya membantu dalam peningkatan berat badan, tetapi juga berperan penting dalam membangun dan memelihara massa otot tanpa lemak.

Untuk mencapai tujuan mendapatkan massa tubuh tanpa lemak, penting untuk memvariasikan dan terus mengembangkan latihan Anda. 

Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan beban yang Anda angkat atau jumlah set yang dilakukan dalam setiap latihan. 

Gerakan majemuk yang melibatkan berbagai jenis latihan seperti deadlift, squat, dan bench press adalah pilihan yang sangat baik untuk membangun otot secara efektif.

Dengan konsistensi dalam latihan beban dan fokus pada pengembangan otot, Anda dapat mencapai tubuh yang sehat dan bertenaga dalam waktu yang relatif singkat.

Mengandung makanan cukup protein dan lemak

Mengandung makanan cukup protein dan lemak Tips Gemuk dalam Seminggu
Foto: Kompas

Dalam usaha untuk gemuk dalam seminggu dan mendukung pertumbuhan otot, diet makanan memainkan peran penting dengan fokus pada asupan protein yang cukup. 

Selain itu, perlu diperhatikan peningkatan konsumsi karbohidrat dan lemak sebagai cara efektif untuk menambah berat badan dengan cepat.

Ahli gizi, Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, menekankan pentingnya memperhatikan jenis kalori yang dikonsumsi. 

Ia mengingatkan bahwa asupan karbohidrat yang berlimpah, namun minim protein tidak akan efektif dalam mendukung pertumbuhan otot. 

Oleh karena itu, dalam setiap makanan, disarankan agar 1/4 dari piring Anda berisi sumber protein bergizi tinggi seperti ikan, telur, daging, ayam, atau produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe.

Leona juga merekomendasikan camilan tinggi kalori dan protein seperti segenggam kacang, segelas susu, yoghurt, dan roti isi sebagai tambahan penting dalam diet sehari-hari. 

Protein ini memiliki peran krusial dalam pembentukan otot, yang akan mendukung proses peningkatan berat badan.

Kombinasi antara asupan protein yang tepat dan latihan beban secara rutin akan membantu meningkatkan massa otot dan memastikan peningkatan berat badan yang lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Minum smoothie berkalori tinggi

Minum smoothie berkalori tinggi Tips Gemuk dalam Seminggu Tips Gemuk dalam Seminggu
Foto: Liputan 6

Bagi mereka yang memiliki nafsu makan yang cenderung kecil, shake atau smoothie berkalori tinggi mungkin menjadi pilihan yang lebih menarik untuk gemuk dalam seminggu. 

Konsumsi smoothie berkalori tinggi dapat memberikan nutrisi yang kaya tanpa membuat seseorang merasa terlalu kenyang.

Untuk menciptakan smoothie berkalori tinggi yang bergizi, ada beberapa bahan yang sebaiknya dimasukkan, antara lain: selai kacang, berbagai jenis buah-buahan, susu atau yogurt, biji-bijian, dan bahkan sayuran seperti bayam. 

Kombinasi bahan-bahan ini akan memberikan asupan kalori yang lebih tinggi serta nutrisi yang penting bagi tubuh.

Smoothie berkalori tinggi ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan kalori dan nutrisi tanpa perlu mengonsumsi porsi makan yang besar. 

Selain itu, mereka bisa disesuaikan dengan selera individu untuk menciptakan varian smoothie yang menarik dan lezat.

Bantuan profesional

Bantuan profesional
Foto: Klik Dokter

Gemuk dalam seminggu bisa menjadi tantangan yang berbeda-beda bagi setiap orang, dan banyak faktor yang mempengaruhi proses ini. 

Salah satunya adalah konsep setpoint berat badan yang ada pada sebagian orang.

Setpoint ini mengacu pada berat badan tertentu yang cenderung dipertahankan oleh tubuh. 

Ketika seseorang mencoba menambah berat badan, tubuhnya mungkin akan merespons dengan mengatur nafsu makan dan tingkat metabolisme untuk mencoba mempertahankan setpoint tersebut. 

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami sepenuhnya mekanisme di balik konsep ini.

Penting untuk diingat bahwa menambah berat badan yang sehat memerlukan pendekatan yang tepat dan berkelanjutan. 

Konsultasikan dengan profesional kesehatan dan kebugaran yang berpengalaman untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ahli diet berlisensi juga dapat membantu menyusun rencana makan yang aman dan efektif untuk mencapai tujuan penambahan berat badan Anda. 

Dengan dukungan yang tepat, Anda dapat meningkatkan berat badan secara sehat dan terkendali.

Konsumsi suplemen kreatin

Konsumsi suplemen kreatin Tips Gemuk dalam Seminggu
Foto: FImela

Mengkonsumsi suplemen kreatin dapat membantu meningkatkan massa otot dan berat badan pada sebagian orang. 

Kreatin adalah senyawa alami yang terdapat dalam tubuh dan berperan dalam penyediaan energi cepat pada otot. 

Dengan mengkonsumsi suplemen kreatin, Anda dapat meningkatkan kadar kreatin dalam otot Anda, yang dapat meningkatkan kemampuan otot untuk melakukan aktivitas berat seperti latihan beban.

Selama mengonsumsi suplemen kreatin secara rutin dan dikombinasikan dengan latihan beban yang sesuai, banyak orang melaporkan peningkatan massa otot dan penambahan berat badan dalam beberapa kilogram. 

Namun, hasilnya bisa bervariasi dari individu ke individu, dan tidak semua orang akan merasakan peningkatan berat badan yang signifikan.

Demikian beberapa tips gemuk dalam seminggu yang bisa membantu Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x