8 Doa Agar Tenang Pengusir Rasa Gelisah dan Stres

8 Doa Agar Tenang Pengusir Rasa Gelisah dan Stres

HAK SUARA
2 Okt 2023 04:53
Pendidikan 0 47
5 menit membaca

Pada dasarnya, perasaan cemas, sedih, bahkan putus asa, dapat menjadi reaksi alami dalam menghadapi tekanan hidup. Anda bias mengamalkan doa agar tenang untuk mengusir rasa gelisah.

Sebagai umat Islam, kita diberikan ajaran untuk senantiasa berupaya dan berdoa kepada Allah SWT dalam menghadapi cobaan dan tantangan. 

Doa agar tenang memiliki dampak positif pada kesejahteraan psikologis manusia. Kehidupan kita selalu berputar seperti roda, dengan ada suka dan duka, ketenangan dan kegelisahan sebagai bagian alamiahnya.

Rekomendasi Doa Agar Tenang 

Doa Agar Tenang
Sumber: Liputan6.com

Ketika kita berdoa di saat cemas dan gelisah, hal tersebut dapat membawa ketenangan pada hati dan membantu kita dalam mencapai impian dunia dan akhirat. 

Oleh karena itu, dalam upaya memperbaiki kondisi psikologis dan hati yang tidak stabil, sangat bijak untuk kita mengarahkan doa kita kepada Allah SWT.

Berikut ini doa agar tenang yang bersumber dari Quran yang akan memberi manfaat untuk hidup:

Doa Ketenangan Hati

Ketika masalah-masalah dalam kehidupan membuat hati kita gelisah, kita dapat memanjatkan doa kepada Allah SWT dengan sepenuh keyakinan. 

Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT agar kita diberikan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan mendapatkan pertolongan-Nya.

“رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ”

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250).

Dalam doa agar tenang  ini, kita memohon kepada Allah agar memberikan kita ketabahan dan kekuatan untuk menghadapi cobaan, serta perlindungan dari kegelisahan.

Doa Agar Hati Tenang dan Damai

Dalam situasi-situasi sulit, kita bisa memanjatkan doa berikut:

“اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).

Doa Membersihkan Pikiran dan Hati yang Kotor

Doa Agar Tenang
8 Doa Agar Tenang Pengusir Rasa Gelisah dan Stres 22

Kadang-kala, pikiran dan hati kita bisa terkontaminasi oleh pemikiran dan perasaan negatif. 

Ketika itu terjadi, kita dapat meminta ampunan kepada Allah dan memanjatkan doa berikut:

“اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak buruk, perbuatan-perbuatan yang salah, dan hawa nafsu yang negatif.”

Doa Mohon Dihindarkan Dari Rasa Cemas

Rasa cemas seringkali muncul ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Untuk menghindari perasaan cemas ini, kita dapat memanjatkan doa berikut:

“اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari ketakutan dan kedekatan, dari sifat kikir, serta dari hutang yang membebani dan tekanan orang-orang jahat.”

Doa Agar Tenang dan Mohon Diberikan Kesabaran Diri

Kesabaran adalah hal yang sangat dihargai dalam Islam, dan kita dapat memohon kesabaran dari Allah SWT dengan doa agar tenang berikut:

“رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ”

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau palingkan hati kami dari Islam setelah Engkau beri hidayah kepada kami. 

Limpahkanlah keimanan kepada kami dari sisiMu. Engkau Maha Pemberi rahmat kepada orang-orang mukmin.”

Doa Penenang Hati untuk Membawa Ketenangan dalam Hidup

Doa Agar Tenang
Sumber: Aplikasi SUper

Ketenangan hati dan pikiran adalah hal yang sangat diinginkan dalam kehidupan kita. 

Dalam momen-momen ketika kita merasa gelisah, cemas, atau khawatir, berdoa bisa menjadi cara efektif untuk menenangkan diri. 

Salah satu doa agar tenang bermanfaat untuk mencapai ketenangan pikiran adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.”

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah untuk memberikan kita ketenangan hati yang membuat kita merasa puas dengan segala ketetapan dan pemberian-Nya. 

Ini adalah cara yang sangat kuat untuk meredakan kecemasan dan memperoleh ketenangan dalam hidup kita.

Saat menghadapi tantangan hidup

Selain itu, ada juga doa lain yang dapat membantu kita mencapai ketenangan hati dan pikiran, khususnya saat kita menghadapi kesulitan atau tantangan dalam hidup. 

Doa agar tenang yang bisa Anda baca adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ

أَنْتَ

“Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.”

Artinya, “Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Dengan doa agar tenang ini, kita menyatakan ketergantungan kita kepada Allah dan memohon kepada-Nya untuk memberikan rahmat-Nya sehingga kita dapat melewati segala kesulitan dengan baik. 

Ini adalah cara yang efektif untuk menjaga ketenangan hati dan pikiran kita dalam situasi sulit.

Doa pembawa berkah

Selain doa-doa tersebut, ada pula doa yang membawa berkah dalam hidup kita. 

Ketika hati kita merasa tenang, kita cenderung memiliki perilaku yang baik, bijaksana, dan tidak terburu-buru dalam membuat keputusan. 

Salah satu doa pembawa rezeki agar tenang dan berkah ini adalah surah Duha:

وَالضُّحٰىۙ

وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ

مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ

وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ

وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ

“Waḍ-ḍuḥā. Wal-laili iżā sajā. Mā wadda’aka rabbuka wa mā qalā. Wa lal-ākhiratu khairul laka minal-ụlā. Wa lasaufa yu’tīka rabbuka fatarḍā.”

Artinya, “Demi waktu duha (ketika matahari sepenggalah), demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu.

Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.”

Dengan mengucapkan surah Duha, kita memohon kepada Allah untuk memberikan berkah dalam hidup kita dan memberikan kita kepuasan dalam segala hal yang kita lakukan. 

Ini adalah cara yang baik untuk menjaga ketenangan hati dan pikiran kita serta mendapatkan berkat dalam kehidupan kita.

Dalam kesimpulan, doa adalah salah satu cara yang efektif untuk menenangkan hati dan pikiran kita. 

Doa-doa penenang seperti yang disebutkan di atas dapat membantu kita mencapai ketenangan, mengatasi kesulitan, dan mendapatkan berkah dalam hidup kita. 

Dengan berpegang teguh pada doa ini, kita dapat menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan penuh keberkahan. 

Semoga doa agar tenang ini dapat menjadi panduan dan sumber kekuatan bagi kita dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x