Karang Taruna Desa Cijengkol, Kembangkan Usaha Gula Semut Melalui Wadah UMKM

Karang Taruna Desa Cijengkol, Kembangkan Usaha Gula Semut Melalui Wadah UMKM

HAK SUARA
5 Okt 2023 15:55
Birokrasi 0 91
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID Lebak- Ada pepatah, ‘ada gula, ada semut’. Tapi, kali ini pepatah tersebut menjadi arti tersendiri bagi warga Kabupaten Lebak, khususnya di Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng tatkala masyarakatnya mengembangkan gula semut melalui wadah UMKM dengan nama usaha Putra Alami.

Hal ini pun mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan gula semut. Terutama dukungan dari Pemerintah Desa Cijengkol. Bahkan pemerintah setempat mengapresiasi salah satu UMKM yang saat ini sedang di kembangkan oleh pihak Karang Taruna.

Karena hal itu, pihak pengelola saudara Agus yang juga Wakil Ketua Karang Taruna Desa Cijengkol, mengajak masyarakat untuk mengembangkan usaha gula semut ini.

“Mari bersama Karang Taruna kita kembangkan gula semut melalui wadah UMKM,” ucap Agus kepada awak media HAKSUARA.CO.ID Kamis (05/10/2023).

Menurut Abu Pangestu kaur umum Desa Cijengkol, di Eropa, gula semut sudah menjadi substitusi gula pasir. Hal itu karena kadar kandungan gula di gula semut netral. Artinya, saat dikonsumsi, tidak menaikkan gula darah.

Ia menambahkan, gula semut produksi Putra Alami tanpa campuran bahan kimia. Dengan demikian berarti, ketika menkonsumsi gula semut gula darah menjadi stabil serta mencegah penyakit diabetes dan obesitas.

Terakhir Abu Pangestu menyarankan, usaha UMKM yang dikelola Karang Taruna agar terus mengikuti pelatihan terutama tentang manajemen keuangan, cara produksi yang efisien, termasuk pelatihan basic mentality, bagaimana mengubah pola pikir masyarakat untuk bisa sejahtera secara jangka panjang. (Riki/Hs)

Berita dengan judul: Karang Taruna Desa Cijengkol, Kembangkan Usaha Gula Semut Melalui Wadah UMKM pertama kali tampil pada HAKSUARA.CO.ID. Reporter: L4 Banten

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x