KAWS Holiday Indonesia Sambangi Candi Prambanan. Pameran Berlangsung Selama 13 Hari

KAWS Holiday Indonesia Sambangi Candi Prambanan. Pameran Berlangsung Selama 13 Hari

HAK SUARA
3 Okt 2023 20:58
2 menit membaca

Setelah mengelilingi sembilan negara yang berbeda, KAWS Holiday Indonesia akhirnya tiba di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta. 

Patung monumental yang diciptakan oleh Brian Donnelly memiliki panjang 45 meter dan tinggi 15 meter.

Pameran ini akan berlangsung mulai dari tanggal 19 hingga 31 Agustus 2023.

Pameran KAWS Holiday Indonesia

Pameran KAWS Holiday Indonesia
Foto: Sociolla

Pameran KAWS Holiday Indonesia ini menjadi pencapaian terbesar dalam karir seni Brian Donnelly sejak awal petualangannya pada tahun 2018. 

Diselenggarakan oleh AllRight Reserved dengan dukungan dari AKG Entertainment, pameran ini dimulai di Seoul dan menjelajah ke berbagai kota seperti Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, bahkan hingga luar angkasa.

Menariknya, kunjungan ke Indonesia ini merupakan pertama kalinya bagi Brian Donnelly atau yang lebih dikenal sebagai KAWS. 

Dalam wawancaranya, ia mengungkapkan rasa penasaran terhadap reaksi masyarakat lokal terhadap karyanya yang monumental ini, serta pendapat dari para penggemar seni di Indonesia.

Sejak awal bulan Agustus, pengumuman mengenai kedatangan KAWS Holiday Indonesia telah disambut dengan antusias oleh para pecinta seni Tanah Air. 

KAWS yang telah dikenal selama lebih dari dua dekade, juga memiliki penggemar dan kolektor setia untuk berbagai merchandise yang ia hasilkan.

Axton Salim, seorang anggota dewan dari AKG Entertainment, mengungkapkan bahwa kolaborasi ini telah berjalan selama satu tahun penuh. 

Ia juga menyatakan kebanggaannya karena Candi Prambanan dipilih sebagai lokasi kesepuluh dalam tur pameran ini.

KAWS Karya Seni Instalasi di Prambanan

KAWS Karya Seni Instalasi di Prambanan
Foto: Merah Putih

Candi Prambanan sendiri merupakan salah satu kebanggaan Indonesia dan telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO

Kompleks candi ini, yang dibangun pada abad ke-9, adalah candi Hindu terbesar di Indonesia.

Menurut Axton Salim, melihat patung monumen KAWS berdampingan dengan Candi Prambanan memiliki makna ikonik. 

Mereka berharap bahwa patung ini dapat menjadi simbol perpaduan antara warisan arsitektur Prambanan yang megah dengan seni kontemporer.

Sehingga, dapat menghadirkan pesona Indonesia kepada dunia.

Axton Salim, sebagai mitra lokal KAWS dan AllRight Reserved, juga mengajak generasi muda Indonesia untuk mewarisi budaya lokal dengan cara yang inovatif. 

Ia berharap bahwa karya seni ini dapat menginspirasi kemanusiaan, tradisi budaya, kekayaan, dan arsitektur yang harmonis dengan budaya Indonesia.

Pendiri AllRight Reserved, SK Lam, menekankan bahwa KAWS Holiday Indonesia telah menjelajahi kota-kota yang unik, melintasi daratan dan laut, bahkan mencapai stratosfer. 

Upaya artistik ini terus menjadi pengalaman yang memukau dan menghibur bagi mereka yang mengungkapkan keajaiban terbaru mereka melalui Accomplice.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x