Naturalisasi Jay Idzes Hampir Selesai, PSSI Siap Mencari Pemain Lain Lagi untuk Dinaturalisasi

Naturalisasi Jay Idzes Hampir Selesai, PSSI Siap Mencari Pemain Lain Lagi untuk Dinaturalisasi

HAK SUARA
3 Okt 2023 13:27
Olahraga 0 52
2 menit membaca

Selama proses naturalisasi Jay Idzes menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), PSSI kini sedang menjelajahi potensi naturalisasi pemain keturunan lain. 

Arya Sinulingga, seorang anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, telah mengungkapkan tantangan yang dihadapi dalam proses naturalisasi ini, terutama terkait kelengkapan dokumen dan darah keturunan Indonesia. 

Arya mengakui bahwa mencari pemain yang memenuhi syarat untuk dinaturalisasi bukanlah tugas yang mudah. 

Terkadang, pemain yang diinginkan mengalami kendala terkait dokumen yang tidak lengkap.

Meskipun demikian, Arya belum merinci secara spesifik siapa pemain keturunan yang menjadi target PSSI setelah naturalisasi Jay Idzes. 

“Pemain yang akan dinaturalisasi harus memiliki darah Indonesia, namun ada juga yang menghadapi kendala terkait kelengkapan dokumen,” kata Arya. 

Dia menegaskan bahwa solusi akan dicari untuk mengatasi masalah ini.

Naturalisasi Jay Idzes sedang Berlangsung, PSSI Incar Pemain Lain Lagi

Naturalisasi Jay Idzes sedang Berlangsung, PSSI Incar Pemain Lain Lagi
Foto: Disway

PSSI sepertinya tengah berupaya untuk memaksimalkan potensi pemain keturunan yang memiliki kualitas untuk membela tim nasional Indonesia. 

Proses naturalisasi adalah langkah yang diambil untuk memungkinkan pemain-pemain berbakat ini untuk berkontribusi dalam mengembangkan sepak bola Indonesia. 

Meskipun pemilihan pemain yang akan dinaturalisasi masih menjadi misteri, PSSI tampaknya berkomitmen untuk mengidentifikasi pemain yang memiliki ikatan kuat dengan Indonesia melalui darah keturunan dan yang memenuhi persyaratan hukum yang berlaku. 

Meskipun Arya tidak memberikan rincian konkret tentang pemain yang akan dinaturalisasi selanjutnya, salah satu nama yang menjadi sorotan adalah Ryan Flamingo.

Ia adalah seorang bek berusia 20 tahun yang saat ini bermain untuk FC Utrecht sebagai pemain pinjaman dari Sassuolo. 

Kabarnya, proses naturalisasi Jay Idzes telah mencapai tahap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). 

Diharapkan bahwa proses ini akan segera selesai, sehingga Jay Idzes dapat bergabung dengan Timnas Indonesia dalam kompetisi Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar.

PSSI berharap bahwa melalui naturalisasi Jay Idzes dan potensi pemain keturunan lainnya, Timnas Indonesia akan menjadi lebih kuat dalam kompetisi internasional, termasuk Piala Asia 2023. 

Timnas Indonesia telah ditempatkan dalam Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam dalam turnamen tersebut. 

Dengan pemain-pemain berbakat yang dapat memperkuat tim, harapannya adalah Timnas Indonesia dapat memberikan penampilan yang membanggakan dalam kompetisi tersebut dan meraih hasil yang positif. 

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x