Ratusan Warga Antusias Berebut Gunungan Grebeg Maulud Keraton Yogyakarta

Ratusan Warga Antusias Berebut Gunungan Grebeg Maulud Keraton Yogyakarta

HAK SUARA
3 Okt 2023 22:22
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, YOGYAKARTA — Ratusan warga antusias berebut gunungan Grebeg Maulud yang digelar Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Halaman Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, Kamis.

Dalam acara yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu, tujuh gunungan hasil bumi yang terdiri atas gunungan kakung, puteri, gepak, darat, pawuhan, dan dua gunungan jaler diarak ratusan prajurit dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Lima gunungan di antaranya diarak menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, sedangkan dua gunungan lainnya menuju Kantor Kepatihan dan Puro Pakualaman.

Mujiana (52) warga Kabupaten Bantul berhasil mendapatkan isi gunungan berupa dua buah ketan berwarna merah setelah ikut berdesakan dengan warga.

“Nanti akan saya berikan untuk cucu,” ujar perempuan paruh baya itu dengan raut wajah bahagia.

Sementara itu, Martini (70), warga Giwangan, Kota Yogyakarta merasa wajib mendatangi setiap acara grebeg yang digelar Keraton Yogyakarta tiga kali dalam setahun dengan harapan mendapatkan keberkahan.

“Sejak kecil saya sudah diajak orang tua mendatangi acara grebeg. Isi gunungan yang saya dapatkan akan saya simpan di lemari atau saya tanam di sawah agar berkah dan subur,” ujar dia yang telah berada di halaman Masjid Gedhe sejak pukul 07.00 WIB.

Atas pertimbangan usia, Martini tidak berani ikut berdesakan berebut isi gunungan dari dekat. “Saya hanya menunggu lemparan dari atas saja,” ujar dia.

Beragam uba rampe atau isi gunungan yang diperebutkan warga terdiri atas hasil bumi seperti beras ketan, rengginang, wajik, hingga aneka sayuran yang ditancapkan pada bilah-bilah bambu.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x