Syahrul Mundur, Pakar Sebut Andi Amran Sulaiman Calon Kuat Menteri Pertanian

HAK SUARA
7 Okt 2023 11:25
Nasional 0 81
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima keinginan mundur Syahrul Yasin Limpo (SYL) dari posisi Menteri Pertanian (Mentan) RI.

Surat resmi pengunduran diri sebagai Mentan itu telah diterima langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis (5/10/2023) kemarin.

“Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti sudah saya tanda tangani juga,” kata Presiden Jokowi di Istana, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Jokowi kemudian menugaskan Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo sebagai Pelaksana Tugas Mentan.

“Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan,” ungkapnya.

Siapa sosok ideal Menteri Pertanian pengganti SYL di satu tahun terakhir masa jabatan Jokowi?

Pakar politik Universitas Hasanuddin, Prof Sukri Tamma menyebut figur yang dianggap paling tepat menggantikan adalah Andi Amran Sulaiman (AAS).

Prof Sukri Tamma menilai, ada banyak faktor yang bisa menopang hal itu. Mulai dari unsur pemerataan keterwakilan figur di kementerian sampai pada pengalaman dan jejaring.

”Kalau misalnya nanti yang gantikan Pak SYL orang Sulsel, calon tunggalnya ya Amran Sulaiman. Selama ini kan cuma dia yang punya kapasitas seperti itu. Pak Amran punya kemampuan, kepiawaian, serta jaringan yang diperlukan,” ujarnya kepada FAJAR, kemarin.

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun posisi Amran sebelumnya hanya menjabat satu periode, tetapi hal itu tidak menjadi masalah.

Sebab, konteks saat ini juga dekat dengan momentum Pemilu, khususnya Pilpres.

”Mungkin setelah dibiarkan menjadi pengusaha beberapa tahun, Pak Amran akan dipanggil lagi. Kita akan lihat tarik-menariknya, meski PDIP sudah kirim nama dan Amran Sulaiman sudah tidak di PDIP, dia di Gerindra, tetapi Gerindra kan punya power. Bisa jadi itu akan membantu AAS juga,” lanjutnya.

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x