Tingkatkan Layanan Jalan Tol, Kementerian PUPR Beri Perhatian Tol Surabaya-Probolinggo-Malang

HAK SUARA
6 Okt 2023 18:26
Nasional 0 81
1 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menilai kualitas layanan jalan tol dan rest area. Kali ini penilaian dilakukan pada tol Surabaya–Probolinggo–Malang ruas Gempol–Pasuruan, ruas Pasuruan–Probolinggo, ruas Gempol–Pandaan, dan ruas Pandaan–Malang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan kualitas layanan tol akan berdampak pada kenyamanan dan keselamatan. Karena itu, perlu peningkatan kualitas berkelanjutan hingga menghasilkan tol yang berkarakter pada 2024. Terlebih, kebutuhan dan ekspektasi publik terhadap jalan tol semakin tinggi.

”Kami meyakini, lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi pada kenyamanan dan keselamatan pengendara, tidak hanya di jalannya, tetapi juga di rest area-nya,” kata Basuki kemarin (5/10).

Tim ahli sekaligus pakar penilaian jalan tol berkelanjutan (JTB) Ahmad Safrudin mengatakan, setidaknya terdapat tiga parameter yang diukur pada penilaian JTB 2023. Pertama, equality gender. Artinya, semua kelompok dan golongan harus dapat mengakses tol. Kedua, terkait investasi ekonomi terhadap brand lokal.

”Ketiga adalah kepedulian masyarakat terhadap jalan tol. Jadi, kita harus mendorong pengguna untuk peduli terhadap berbagai aspek kenyamanan seperti tidak membuang sampah di rumija hingga aspek keselamatan berkendara seperti penggunaan batas kecepatan,” papar Safrudin. (jpg/fajar)

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x