Tito Karnavian Ajak Masyarakat Beralih Konsumsi Sagu, Hendri Satrio: Saya Menunggu Mendagri Melontarkan Imbauan Ini pada Pejabat

HAK SUARA
4 Okt 2023 18:54
Nasional 0 101
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebutkan untuk mengatasi dampak El Nino yang membuat harga beras naik dan stoknya menipis, masyarakat sebaiknya melakukan diversifikasi pangan ke sumber pangan karbohidrat selain beras.

Mendagri Tito Karnavian juga menyebutkan beras mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan penyakit diabetes jika dikonsumsi berlebih.

Adapun sumber pangan karbohidrat lainnya adalah sagu, ketela, jagung, sorgum yang justru terdapat kandungan gula yang lebih rendah dan sumbernya banyak di Indonesia.

Menanggapi seruan Mendagri Tito, analis komunikasi politik Hendri Satrio mengatakan saran tersebut sebaiknya dilakukan pada pejabat negara.

“Hal ini diperlukan untuk memberi contoh pada masyarakat. Saat ini dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang bisa berikan contoh banyak pada masyarakat daripada berikan komentar,” ujarnya pada media, Rabu 4 Oktober 2023.

Menurutnya jika hal tersebut dilakukan, maka masyarakat akan mendapatkan inspirasi untuk mencontohnya.

Tito sebelumnya mengatakan Indonesia memiliki banyak sumber pengganti beras, ia mencontohkan di bagian tengah dan timur terdapat papeda sagu, jagung, talas dan lainnya.

Menurutnya saat ini banyak negara yang mengalami kesulitan amankan pasokan beras domestiknya dan penyebab tunggalnya adalah dampak El-Nino, sehingga penurunan produktivitas panen padi terjadi akibat kekeringan.

“Saya menunggu mendagri melontarkan himbauan ini pada pejabat, dengan begitu masyarakat dapat memiliki contoh untuk mengganti sumber makanan pokoknya,” tutupnya. (pojoksatu/fajar)

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x