Cerita Rakyat Bali Dipentaskan Keliling Lima Kota

HAK SUARA
3 Okt 2023 22:16
Hiburan 0 130
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Melanjutkan sukses pementasan pada 2022 yang lalu, Teater Keliling didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mempersembahkan ‘Musikal Calon Arang’.

Dipentaskan di 5 kota yakni Bandung, Kudus, Madura, Makassar dan Toraja pada 15 – 24 September 2023 yang lalu.

Pertunjukan drama berkonsep musikal yang diadaptasi dari cerita Rakyat Bali ini dikolaborasikan dengan musik, bela diri, tari dan nyanyian.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian mengatakan Teater Keliling senantiasa menghadirkan pertunjukan yang unik dan sarat pesan.

Melalui perjalanan tak henti-hentinya ke berbagai penjuru Indonesia, kelompok ini berhasil menghibur dan menyebarkan cinta budaya di hati para penikmat seni di berbagai daerah yang dikunjunginya.

“Konsep pentas ini sendiri menjadi menarik, sebab berkolaborasi dengan penggiat seni di daerah masing-masing tempat pementasan,” ucapnya.

Sehingga semakin banyak seniman daerah yang terlibat dalam seni pertunjukan ini. Melalui kolaborasi ini, mereka belajar tentang nilai-nilai budaya, warisan nenek moyang, dan pesan-pesan yang tersembunyi dalam setiap kisah yang dipentaskan.

Ini yang dapat menjadi pondasi kuat dalam membangun kecintaan mereka terhadap kebudayaan.

“Hal ini juga mampu memupuk rasa bangga akan warisan budaya Indonesia dan membantu menjaga tradisi-tradisi berharga agar tetap hidup dalam benak dan jiwa generasi muda kita,” ujarnya.

‘Musikal Calon Arang’ sendiri bercerita tentang hidup seorang dukun sakti nan keji di sebuah desa bernama Desa Girah. Dukun itu bernama Nyi Rangda, sosok ibu yang menyayangi anaknya, Ratna Manggali.

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x