Dampak Mengerikan Terlalu Sering Menghirup Asap dari Obat Nyamuk Bakar

HAK SUARA
3 Okt 2023 23:57
Kesehatan 0 90
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Populasi nyamuk kian meningkat utamanya pada musim kemarau. Sehingga tak heran jika meningkatnya kasus demam berdarah.

Maraknya kasus demam berdarah ini menjadi keresahan masyarakat. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan obat nyamuk atau alat pengusir nyamuk.

Namun, yang banyak digunakan dikalangan masyarakat ialah obat nyamuk bakar yang dinilai lebih ampuh untuk mengusir nyamuk.

Obat nyamuk bakar adalah produk yang umum digunakan untuk mengusir nyamuk dan serangga yang mengganggu. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa penggunaan obat nyamuk bakar dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh manusia.

Berikut beberapa dampak dari penggunaan obat nyamuk bakar bagi kesehatan tubuh.

Gangguan Pernapasan

Salah satu dampak paling umum dari obat nyamuk bakar adalah pencemaran udara dalam ruangan.

Ketika obat nyamuk dibakar, mereka menghasilkan asap yang mengandung bahan kimia seperti pyrethroid, DEET, atau metofluthrin.

Iritasi Saluran Pernapasan

Dampak dari seringnya menghirup asap obat nyamuk adalah dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, terutama pada individu yang memiliki masalah pernapasan seperti asma.

Risiko Alergi dan Iritasi Kulit

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau iritasi kulit akibat terkena apaparan langsung terhadap asap atau zat kimia yang terkandung dalam obat nyamuk bakar.

Ini dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, atau bahkan pembengkakan pada kulit.

Bahaya pada Anak-anak dan Hewan Peliharaan

Obat nyamuk bakar sering mengandung bahan beracun yang dapat berbahaya jika tertelan oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x