Di Duga Pungli ” Oknum Kepling Menjadi Sorotan ” Wakil Direktur LBH Angkat Bicara

HAK SUARA
5 Okt 2023 00:56
Kriminal 0 144
2 menit membaca

Liputan 4 Sumatera Utara,Medan-4-10-2023,Di Duga Pungli Oknum Kepling Menjadi Sorotan, Wakil Direktur LBH Medan Angkat Bicara

Dalam perkembangan terkini, praktek pungutan liar (pungli) yang disinyalir dilakukan oleh oknum kepala lingkungan 09 Kelurahan 09 Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan, terus menjadi sorotan.

Wakil Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Ali Nafiah, angkat bicara terkait masalah ini dan menegaskan bahwa tindakan semacam ini adalah bentuk serius dari tindak pidana korupsi.

Ali Nafiah menyampaikan pandangannya kepada wartawan di kantor LBH Medan pada Senin, 2 Oktober 2023. Menurutnya, tindakan pungli seperti ini dapat menggoyahkan tatanan hukum dan pemerintahan yang ada. Dia juga mencatat kemungkinan Apabila adanya aliran dana yang diterima oleh kepala lingkungan yang mungkin dialirkan kepada Lurah dan Camat, maka juga termaksud turut serta da

Wakil Direktur LBH Medan menekankan bahwa sangsi terhadap pungutan liar tidak seharusnya hanya berupa kelalaian. Tindakan tegas harus diambil, karena hal ini dapat merusak citra kepala lingkungan sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tengah masyarakat, dan ini adalah pelanggaran hukum yang berdampak serius.

Selain itu, LBH Medan siap memberikan pendampingan hukum kepada masyarakat yang menjadi korban pungli oleh kepala lingkungan 09. Mereka bersedia memberikan bantuan hukum untuk membantu warga dalam membuat laporan ke kepolisian kota Medan.

Sementara itu, Lurah Sidorame Timur, Donny, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, mengatakan bahwa dia akan mempelajari kasus ini lebih lanjut. Dia juga mengingatkan bahwa negara kita adalah negara hukum yang mengutamakan azas praduga tak bersalah sesuai dengan KUHAP butir 3 huruf C dan UU Kehakiman No.48 Tahun 2009.

Donny juga meminta warga yang memiliki informasi tentang masalah ini untuk memberikan keterangan dan bukti yang jelas, dan mereka siap untuk memberikan sumpah atas keterangannya.

Berita dengan judul: Di Duga Pungli ” Oknum Kepling Menjadi Sorotan ” Wakil Direktur LBH Angkat Bicara pertama kali tampil pada LIPUTAN4.COM. Reporter: JHON NABABAN

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x