Fakta Penyakit Tipes, Benarkah Bakterinya Hidup Terus Menerus dalam Tubuh?

HAK SUARA
4 Okt 2023 17:01
Kesehatan 0 124
2 menit membaca

Tipes adalah suatu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhii. Penyebarannya secara umum dapat melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi Salmonella Typhii.

Penyakit ini banyak ditemui di Afrika dan Asia Tenggara, salah-satunya di Indonesia. Saking banyaknya kasus setiap tahun tipes telah menjadi penyalit endemik di Indonesia.

Perlu diketahui tifus dan tipes adalah dua oenyalit berbeda. Tifus atau typus disebabkan oleh bakteri Rickettsia yang penyebarannya kewat kutu hewan.

Penyakit tipes terjadi saat bakteri Salmonella Typhii menyerang saluran pencernaan. Tipes juga dapat menular saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang tercemar tinja atau urine penderita tipes.

Menurut Prof dr Zubairi Djoerban menyatakan 1-5 persen orang yang terinfeksi dapat bertahan. Namun, seseorang dapat disebut sebagai pembawa kuman Salmonella Typhii kadang tidak memiliki gejala apapun.

Tetapi, jika dilakukan pemeriksaan tinjanya, maka akan ditemukan Salmonella Typhii ini. Di dalam tinjanya akan ditemukan bakteri ini setelah lebih dari 12 bulan diketahui dirinya terinfeksi.

Pengobatan yang dilakukan pada umumnya menggunakan antibiotik untuk membunuh kumannya. Tetapi, pengobatan ini tidak menjamin penderitanya tidak lagi terkena tipes.

Untuk itu, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan juga makanan. Selalu cuci tangan setelah buang air besar atau kecil.

Selain itu, harus mengolah makanan dengan bersih, selalu cuci buah sebelum dikonsumsi. Cucilah peralatan makan dan minum dengan bersih. (Elva/Fajar).

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x