Kendalikan Kenaikan Harga Beras, Disperindag Makassar Intens Gelar Operasi Khusus Pasar Beras

HAK SUARA
28 Feb 2024 01:42
Ragam 0 26
2 menit membaca

MAKASSAR—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Makassar tidak tinggal diam dengan adanya kenaikan harga beras yang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

Kepala Disperindag Makassar, Arlin Ariesta mengatakan, beras merupakan salah satu komoditas yang harga selalu berfluktuasi atau naik turun.

“Tentu dipengaruhi pertama faktor produksi atau ketersediaan stok, makanya  kita lakukan koordinasi melalui tim pengendali inflasi daerah untuk penyediaan stok, dan yang masuk di Makassar,” jelas Arlin.

“Alhamdulilah, koodinasi Bulog stok masih tersedia dan cukup untuk konsumsi masyarakat,” kata Arlin pada kegiatan forum Satuan kerja perangkat Daerah (SKP) tahun 2024 dengan mengangkat tema ekonomi tumbuh, inflasi terkendali di salah satu Hotel di Makassar, Selasa (27/2/2024).

Dia menyebutkan langkah yang dilakukan untuk mengendalikan kenaikan harga diantaranya operasi khusus pasar beras.

“Adapun kenaikan harga, maka langkah yang dilakukan pertama kita terus lakukan operasi khusus pasar beras, dengan distribusi beras SHHP yaitu program Bulog ke pasar tradisional setiap hari senin dan kamis dan di pemukiman hari selasa dan Rabu melalui kontener terpadu Makassar recover,” sebutnya.

Menurut Arlin, untuk bulan ramadhan maka akan dilakukan pasar murah reguler untuk membangun masyarakat ekonomi kebawah.

“Untuk bulan ramadhan kita lakukan pasar murah reguler, bantu saudara kita yang membutuhkan khususnya kalangan ekonomi menengah kebawah melalui pasar murah paket sembako dengan harga subsidi Pemda,” tuturnya.

Ia menambahkan, tiap pekan melakukan rapat koordinasi bersama tim pengendali inflasi untuk memantau kondisi harga kebutuhan pokok dilapangan.

“Untuk harga tentu tiap pekan kami lakukan rapat koordinasi bersama tim pengendali inflasi, pemantauan harga-harga di 10 pasar tradisional dan 5 pasar modern atau mall dan  semua berfluktuasi,

“Namun di kota Makassar sesuai penyampaian Mendagri bahwa pengendalian Inflasi dikota Makassar cukup bagus bahkan awal tahun 2024 atau januari capaian inflasi sekitar 2,11 persen di bawah rata-rata nasional berkat dukungan semua pengusaha, masyarakat dan kolaborasi pihak lainnya,” pungkas Arlin. (*/4dv)

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x