Khasiat dan Bahaya Konsumsi Terlalu Banyak Telur, Hindari yang Berkolesterol Tinggi 

Khasiat dan Bahaya Konsumsi Terlalu Banyak Telur, Hindari yang Berkolesterol Tinggi 

HAK SUARA
8 Okt 2023 15:24
Kesehatan 0 49
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID — Telur adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi di seluruh dunia. Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung berbagai nutrisi penting. 

Prof dr. Zubairi Djoerban menuturkan, telur salah satu sumber protein baik dengan rasa yang enak dan mudah diolah. Biasanya yang sedang diet memasukkan telur sebagai menunya tiap hari. Berarti konsumsinya 5-7 butir seminggu. 

Dikatakan, 5-7 telur seminggu tidak bahaya untuk sebagian besar orang. Bahkan 14 telur seminggu juga boleh untuk orang yang sehat.

“Namun perlu diingat, kalau untuk orang yang sakit kencing manis, kolesterol tinggi, maka cukup 4-5 telur saja seminggu. Tidak boleh lebih,” kata Prof Zubairi dalam keterangannya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam subspesialis Hematologi-Onkologi (Kanker) ini mengatakan, pada prinsipnya telur itu tidak berbahaya karena kandungan nutrisinya tinggi. Ada karbohidrat, protein, lemak, dan macam-macam vitamin. 

“Tapi juga jangan terlalu banyak, apalagi yang punya kolesterol tinggi. Itu baru namanya ‘bahaya ta’,” tandasnya. 

Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi telur dalam jumlah berlebihan dapat memiliki manfaat dan risiko. 

Beberapa khasiat konsumsi telur:

1. Sumber Protein

Telur adalah salah satu sumber protein terbaik yang dapat Anda konsumsi. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

2. Kaya Nutrisi 

Selain protein, telur mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, seng, dan fosfor. Telur juga mengandung kolin, yang penting untuk kesehatan otak.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x