Mantan Kades Silalahi lll Tidak Selesaikan Pembangunan Fisik Dana Desa Tahun 2023

HAK SUARA
17 Feb 2024 10:41
Hukum 0 101
3 menit membaca

Liputan 4.Com:Pekerjaan fisik berupa Jalan Usaha Tani (JUT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) anggaran Tahun 2023 di Desa Silalahi III,Kecamatan Silalahi Sabungan,Kabupaten Dairi diduga mangkrak,pasalnya Pekerjaan yang harusnya sudah diselesaikan beberapa bulan lalu,sampai sekarang belum selesai.

Dari pantauan tim Media Liputan 4.Com saat berkunjung kekantor Camat Silahisabungan,Jumat (16/06/2023), persisnya dipersimpangan Kantor Camat Silalahi yang berjarak kurang lebih 30 meter dari kantor Camat Silalahi,terlihat adanya tumpukan bahan matrial pecahan batu menumpuk di sejumlah area lokasi dan plank proyek DD Desa Silalahi lll Tahun 2023.

Terlihat Plank proyek tersebut bertuliskan nama jenis kegiatan pengerasan jalan tani,gorong-gorong,plat beton,pengaspalan jalan dan parit,dengan volume pekerjaan 180×3 Meter+595×3 Meter dengan total biaya Rp.525.717.505,00
(PPN+PPH+OPD TPK)dilokasi pekerjaan tersebut berada diDusun 1 Desa Silalahi lll dengan anggaran Dana Desa Th-2023,dengan waktu pelaksanaan Tahun 2023 tertulis diplank tersebut.

IwanSaut Simarmata,Camat Silahisabungan saat dikonfirmasi tim Media terkait pekerjaan Fisik DD Th-2023 yang belum selesai dikerjakan,persisnya yang berada di Desa Silalahi lll.

Camat Silahi Sabunganan menyebutkan kepada tim Media ini bahwa dia sudah memerintah Rincon Situngkir Mantan kepala Desa Silalahi lll beserta tim pelaksana kegiatan desa(TPKD)agar menyelesaikan pekerjaan Fisik tersebut dengan secepatnya,tapi sangat disayangkan Rincon dan TPKD mengabaikan perintah Camat “seakan cuek,”Ujarnya kepada Tim Media ini.

Sambung IwanSaut Simarmata,terkait dengan infomasi Terjadinya keterlambatan penyelesaian pekerjaan fisik Dana Desa Th-2023 yang kunjung belum selesai,Iwan Simarmata mengajak Tim Media Ini agar langsung mempertayakan  kepada Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) dan Mantan Kepala Desa.

Terpisah Alex Daner Silalahi Kepala Desa Silalahi lll didampingi Sekertaris Desa dan Kasie Pelayanan Desa,saat dikonfirmasi Media ini dikantor Kepala Desa Silalahi lll terkait pekerjaan fisik DD Th-2023 yang belum diselesaikan dikerjakan?Alex Daner Silalahi menjelaskan bahwa dia baru menjabat sebagai kades Silalahi lll baru dua bulan menjabat,pelantikan tanggal 25 0ktober 2023 lalu,yang pasti tidak mengetahui persis hal itu”Jelasnya.

Terkait pekerjaan fisik Dana Desa yang belum selesai dikerjakan menyebutkan bahwa dia pernah mempertayakan hal ini kepada TPKD dan Sekertaris Desa,bahwa pekerjaan yang berada didusun 1 Desa Silalahi lll yang belum selesai dikerjakan,menjelaskan bahwa dikarenakan cuaca alam dan alat penggilas(walas) yang rusak.”Jelasnya

Saat ditanya kembali diruang kantor desa Silalahi lll mengenai tahapan realisasi pencairan DD untuk pekerjaaan yang belum selesai dikerjakan,Sekdes Dedi H Sidebang menyebutkan bahwa untuk pencairan dana untuk pekerjaan fisik tersebut sudah cair 100 persen,karena itu pengajuan DD tahap ke 3 Tahun 2023,”Pungkasnya.

Sudah memasuki Tahun Anggaran 2024 masih ditemukan sejumlah Proyek fisik Tahun Anggaran 2023 yang bersumber dari anggaran Dana Desa diKabupaten Dairi belum selesai dikerjakan.

Keterlambatan tersebut dinilai merugikan pemkab dan masyarakat yang berada di Kecamatan Silahi Sabunganan,karena diketahui bahwa pekerjaan yang belum selesai dikerjakan diketahui jalan utama akses perkebunan masyarakat Silahi Sabunganan.

Terkait adanya pekerjaan Fisik DD yang belum selesai dikerjakan,Tim Media ini meminta kepada Inspektorat dan dinas pemberdayaan masyarakat dan bangsa Kabupaten Dairi agar turun langsung kelokasi pekerjaan tersebut,dan audit secara valid anggaran Dana Desa Th-2023 di Desa Silalahi lll,diduga adanya kecurangan dalam pekerjaan fisik pembangunan desa tersebut.

(Tim/Rait)

 

Terima kasih atas kunjungan Anda dan membaca berita dengan judul: Mantan Kades Silalahi lll Tidak Selesaikan Pembangunan Fisik Dana Desa Tahun 2023 Wartawan: ERIKSON SIRAIT

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x