Murembang Kecamatan Cicalengka, Acep Ana : Ada 300 Juta Dana Sapras Untuk Pemerintah Kecamatan Cicalengka

Murembang Kecamatan Cicalengka, Acep Ana : Ada 300 Juta Dana Sapras Untuk Pemerintah Kecamatan Cicalengka

HAK SUARA
2 Feb 2024 14:43
Ragam 0 13
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, BANDUNG – Pemerintah Kecamatan Cicalengka menggelar musyawarah rencana pembangunan ( Musrenbang ) tingkat kecamatan, dilaksanakan di ruang aula Kantor Kecamatan Cicalengka, pada Jum’at ( 02/02/2024).

Kegiatan musrembang ini dihadiri oleh para SKPD, Forkopincam, Anggota DPRD Dapil IV, Tokoh Masyarakat, TP-PKK, serta para stakeholder terkait lainnya di wilayah Pemerintah Kecamatan Cicalengka.

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana semua stakeholder bertemu untuk mendiskusikan dan mengusulkan program-program prioritas dari warga masyarakat.

Sebagai salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom-up planning.

” Karena semua usulan bersifat bottom up, maka jangan bersifat subyektifitas, apalagi jangan sampai ada yang terlewatkan, ” ucap Acep Ana, Anggota DPRD Kabupaten Bandung.

Subyektifitas dalam artian bukan dimaknai negatif, tetapi ada garansi untuk memastikan bahwa usulan-usulan yang sudah melalui berbagai tahapan itu betul-betul akurat dan tepat sasaran.

Sehingga alokasi dana APBD yang sudah disiapkan pemerintah, betul-betul diterima oleh masyarakat sesuai kebutuhan dilapangan.

Acep ana melanjutkan, musrembang kali ini harus betul-betul menghasilkan usulan prioritas karena dengan APBD Kabupaten Bandung diangka 5.4 triliun tidak akan bisa memenuhi semua kebutuhan di 31 kecamatan yang ada.

” Usulan yang urgensitasnya tinggi, maka akan kami sampaikan sesuai alokasi anggaran yang tersedia, ” tegasnya.

Ketika diluar pagu anggaran, kita DPRD kabupaten bandung akan bersikeras seoptimal mungkin mengakomodir kebutuhan-kebutuhan urgent yang tidak tercover di musrembang, yaitu melalui e-pokir dewan.

” Gunakan fasilitas e-pokir dewan sebagai bukti partisipasi masyarakat, karena komunikasi kita sebagai anggota dewan dengan warga sangat terbatas, sehingga tidak bermakna subyektifitas juga, ” imbuhnya.

Selain itu, masyarakat hendaknya proaktif dalam melakukan pengajuan melalui jalur e-pokir, sebagai salah satu bukti partisipasi masyarakat.

Masih kata Acep Ana, pada tahun 2024 ini setiap kecamatan di kabupaten bandung mendapatkan bantuan 100 juta untuk sapras, dan khusus kecamatan cicalengka mendapatkan lagi tambahan alokasi sebesar 200 juta.

” Anggaran tersebut sudah ketok palu, dicairkan tahun ini, ” pungkas Acep Ana, sang politisi PKB. ( Akuy)

Terima kasih atas kunjungan Anda dan membaca berita dengan judul: Murembang Kecamatan Cicalengka, Acep Ana : Ada 300 Juta Dana Sapras Untuk Pemerintah Kecamatan Cicalengka Wartawan: KUSWANDI

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x