Peran Besar Tokoh-tokoh Pahlawan Perempuan Sulawesi dalam Sejarah Bangsa

Peran Besar Tokoh-tokoh Pahlawan Perempuan Sulawesi dalam Sejarah Bangsa

HAK SUARA
3 Okt 2023 23:56
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, Makassar — Sejarah Indonesia kaya akan tokoh-tokoh pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Banyak dari mereka adalah perempuan yang gigih mengabdi dan berjuang untuk keadilan dan kebebasan. Berikut menyoroti peran besar tokoh-tokoh pahlawan perempuan dari Sulawesi dalam sejarah bangsa. Mereka adalah teladan dan inspiratif yang patut dihormati dan diapresiasi.

I. Pahlawan Perempuan Sulawesi dalam Perjuangan Kemerdekaan

  1. Andi Depu

Andi Depu adalah seorang pahlawan perempuan yang telah diberi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2018 oleh Presiden Joko Widodo yang berasal dari Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sosok perempuan yang mendalami ilmu agama melalui pendekatan dengan masyarakat karena keterbatasan pendidikan yang diberikan oleh keluarganya. Namun, ia gigih dalam memperjuangkan keterbatasan yang diberikan tersebut, sehingga ia terlibat dalam organisasi laskar yang bernama Islam Muda dan menjadi panglima. Selain itu, perannya sangat penting di tanah Mandar karena merupakan pelopor Fujinkai (pergerakan kaum perempuan di Mandar) untuk berperang melawan tentara Belanda.

  1. Emmy Saelan

Emmy Saelan adalah seorang perawat, juga pejuang perempuan asal Makassar, Sulawesi Selatan yang berperan besar dalam mempertahankan kemerdekaan dari jajahan Belanda. Ia dikenal sebagai sosok pemberontak karena bergabung dengan Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS) di bawah komando Ranggong Daeng Romo untuk melawan Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia. Banyak perlawanan yang dia lakukan, seperti menjadi pasukan medan perang, menjadi mata-mata, dapur umum, dan lain sebagainya.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x