Saprik Kades Makmur Sergai “Ancam” 4 Wartawan Saat Konfirmasi Soal Bantuan Perpustakaan RI

HAK SUARA
2 Okt 2023 15:56
Hukum 0 97
2 menit membaca

SERGAI, Liputan4.com – Kepala Desa Makmur,Kecamatan Teluk Mengkudu,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), Saprik terlihat emosi dan mengeluarkan nada pengancaman akan melaporkan 4 wartawan yang ingin konfirmasi terkait bantuan Perpustakaan yang diterima Desa Makmur pada tahun 2020 dari Perpustakaan Republik Indonesia (RI) berupa 1 unit TV Smart, 1 unit Printer AIO, 2 unit Komputer, 250 judul, 500 eksemplar buku siap layanan dan 1 unit tak buku.

Awalnya kata Zuhari wartawan online Sinarsergai.com yang turut didampingi Muslim Lubis wartawan online realitasonline.id, Fani Aulia SH wartawan online forumkeadilansumut.com dan M. Shefa Asyari wartawan online inimedan.com, ia terlebih dahulu mengkonfirmasi Kades Makmur via WhatsApp, Senin (2/10/2023) sekira pukul 10.50 WIB, oleh karena ditunggu setengah jam tidak kunjung dibalas, maka saya dan 3 wartawan lainnya mencoba konfirmasi secara langsung,sekira pukul 11.30 WIB.

Anehnya saat ketemu Kades Makmur Saprik di ruangan sebelah kantornya, ia malah marah- marah dan mengeluarkan nada mengancam akan melaporkan wartawan, “Kalian mo dilaporkan ke Polres”, mau diperpanjang. Mendengar ancaman tersebut kata Zuhari, ia mempersilakan Saprik melapor.

Anehnya, setelah dipersilakan untuk melaporkan kata Zuhari, Saprik malah mengajak minum dan santai-santai saja. Jelas Zuhari.

Melihat sambutan Kades Makmur kurang baik dan mengeluarkan nada ancaman, ia dan 3 rekan wartawan meninggalkan Kantor Desa Makmur.

Sebelumnya, Sabtu (30/9/2023), Perpustakaan bantuan itu telah dicek keberadaannya dan ternyata Perpustakaan itu berada di Mis Alwasliyah Desa Makmur. Dalam gedung Perpustakaan yang berukuran 4 m x 4 m itu hanya ada buku yang diperkirakan berjumlah 300 eksemplar, rak buku, 1 unit meja setengah biro yang kondisinya sudah jelek.

Sedangkan 1 unit TV Smart, 1unit Printer AIO, 2 unit Komputer, tidak berada di dalam gedung Perpustakaan tersebut.

Kadis Perpustakaan Sergai Elianur,SE yang dikonfirmasi, Senin (2/10/2023) sekira pukul 10.30 WIB, soal bantuan tersebut membenarkan ada bantuan dari Perpustakaan RI. Bantuan itu langsung diserahkan ke Desa Makmur dan tidak dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk barang yaitu berupa 1 unit TV Smart, 1 unit Printer AIO, 2 unit Komputer, 250 judul, 500 eksemplar buku siap layanan dan 1 unit tak buku.

“Perpustakaan itu memang boleh di letakan di tempat lain dan tidak juga di Kantor Desa, tapi barang- barang tersebut harus ada di dalam Perpustakaan. Barang bantuan itu tidak boleh dijual.” Tegasnya.(tim)

Berita dengan judul: Saprik Kades Makmur Sergai “Ancam” 4 Wartawan Saat Konfirmasi Soal Bantuan Perpustakaan RI pertama kali tampil pada LIPUTAN4.COM. Reporter: SARIANTO DAMANIK

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x