Sejalan Program Prioritas Pj Gubernur Mengentasan Kemiskinan Ekstrem, Ini Langkah Kadis ESDM Sulsel

Sejalan Program Prioritas Pj Gubernur Mengentasan Kemiskinan Ekstrem, Ini Langkah Kadis ESDM Sulsel

HAK SUARA
12 Feb 2024 23:42
Ragam 0 11
2 menit membaca

Makassar—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Selatan terus berkomitmen dalam menuntaskan persoalan kemiskinan ekstrem dengan melakukan berbagai program.

Kepala Dinas ESDM Sulsel, Andi Eka Prasetya mengatakan, sejalan dengan program prioritas Pj Gubernur Sulsel dalam pengentasan Kemiskinan ekstrem maka dilakukan beberapa program kegiatan diantaranya bantuan listrik tenaga surya bagi masyarakat.

“Kami mendukung program prioritas Bapak Pj Gubernur Sulsel dalam pengentasan Kemiskinan ekstrem melalui pemberian bantuan pasang baru listrik tenaga Surya untuk 40 rumah warga kurang mampu, yang lokasinya ada di Kabupaten Luwu Utara,” kata Andi Eka, Senin (12/1/2024).

Program lainnya, lanjutnya, yaitu bantuan lampu tenaga surya target 50 rumah serta pembangunan sarana penerangan jalan sebanyak 40 unit.

“Kegiatan pemberian bantuan pasang baru listrik target 40 rumah kurang mampu lokasi di Kabupaten Lutra kedua bantuan lampu tenaga surya target 50 rumah lokasi Kabupaten Bone dan Pinrang kemudian terkait program prioritas peningkatan investasi itu ada kegiatan pembangunan sarana penerangan jalanan 42 unit di Kabupaten Sidrap,” paparnya.

Lebih jauh Andi Eka Prasetya menyebutkan, para penerima bantuan pasang baru listrik tenaga surya ini telah melalui proses verifikasi sehingga betul-betul tepat sasaran. “Sekali lagi ini program yang untuk mendukung program prioritas Bapak Pj Gubernur dan tahun lalu sebenarnya pertama,” jelasnya.

“Kedua, ini karena memang ada kaitannya untuk bisa penangulangan kemiskinan ekstrem dan masyarakat miskin kalau bisa mengunakannya dengan baik dan bijak listrik ini, seperti kembangkan usaha kecil,” ujarnya.

“Misalnya, home industri, begitu juga tenaga surya untuk penerangan jalan di tempat ada perkebunan hortikultura dilewati. Ada penerangan jalan maka ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya. (*/4dv)

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x