Serba Serbi Solder Uap yang Perlu Diketahui

Serba Serbi Solder Uap yang Perlu Diketahui

HAK SUARA
7 Okt 2023 13:25
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID–Solder Uap bisa juga disebut Blower ataupun Hot Air Station adalah alat bantu perbaikan komponen elektronik yang menggunakan hembusan angin panas.

Solder Uap secara umum memiliki 2 (dua) tombol pengaturan yakni tombol pengaturan panas (dalam satuan derajat) dan tombol pengaturan angin (dalam satuan angka 1,2,3…dst).

Solder Uap merupakan perangkat khusus yang diperuntukkan bagi komponen elektronik yang kecil seperti SMD dan BGA.

Beberapa fungsi dari Solder Uap antara lain untuk mengangkat, memasang, mencetak dan mensolder ulang komponen-komponen elektronik, baik komponen SMD (Surface Mounting Devices), BGA (bola-bola timah) maupun komponen lainnya.

Beberapa fungsi umum dari Solder Uap yang penting yakni:

1. Melindungi komponen elektronik kecil dari kerusakan fatal seperti listrik statis. Sebab pada Blower HP dilengkapi dengan circuit anti statics sehingga jika terjadi listrik statis maka Solder Uap akan memutus korsleting ke komponen-komponen elektronik sehingga terhindar dari kerusakan.

2. Untuk melepas dan memasang komponen elektronik bahkan di tempat yang sulit dijangkau seperti dioda, ic-ic pada smartphone maupun soket ponsel. Pada proses perbaikan komponen-komponen elektronik yang tertancap pada board secara permanen dapat dibantu melepaskan komponen tersebut untuk melihat kerusakan / problem koneksifitas dari alat elektronik tertentu seperti komponen handphone, laptop dan beberapa komponen elektronik lain. Demikian juga dengan pemasangan komponen-komponen elektronik tersebut pada board bisa dibantu dengan menggunakan Solder Uap sehingga hasil pemasangan lebih cepat dan sempurna.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x