Terindikasi Korupsi, Sejumlah Kepsek Di Kabupaten TTS Diperiksa Polisi

HAK SUARA
3 Okt 2023 07:55
Hukum 0 113
2 menit membaca

LIPUTAN4.COM,SOE-TTS. Penyidik Tipikor Polres Timor Tengah Selatan (TTS) melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat sekolah dasar (SD) di wilayah Kecamatan Amanuban Barat, Senin 2 Oktober 2023.Para Kepsek diperiksa terkait pengadaan buku yang bersumber dari  dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diduga terindikasi korupsi.

Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Joel Ndolu yang dikonfirmasi di ruang kerjanya membenarkan adanya pemeriksaan terhadap sejumlah Kepsek tingkat SD tersebut. Ia mengaku, penyidik Tipikor saat ini sedang mendalami adanya dugaan korupsi dalam pengadaan buku di tingkat SD.

“ Para Kepsek kita mintai keterangan seputar pengadaan buku dari dana BOS,” ungkap Iptu Joel.

Dirinya mengaku, selain kepala sekolah, bendahara dana BOS dan operator sekolah juga dimintai keterangan terkait proses pengadaan buku.

“ Bendahara dan operator sekokah juga kita periksa,” terangnya.

Untuk diketahui, Wakil Ketua Komisi IV DPRD TTS, Roy Babys menduga adanya praktek monopoli pengadaan buku di tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten TTS. Pasalnya menurut pria yang akrab disapa Roy ini, hanya satu penerbit yang menjadi pemenang pengadaan buku SD di Kabupaten TTS.

“ Aneh, jumlah sekolah SD di TTS ini ada 500 lebih, tapi yang menang pengadaan buku hanya satu penerbit. Ini ada apa? Terkesan ada monopoli pengadaan buku untuk tingkat SD karena hanya satu pihak yang dimenangkan,” tanya Roy dalam rapat gabungan komisi bersama mitra Kamis 27 Juli 2023 di ruang Banggar DPRD TTS.

Roy juga mempertanyakan proses pengadaan buku yang masih dilakukan secara manual. Padahal, di daerah lain proses pengadaan buku sudah dilakukan secara online.

Selain itu, politisi PKB ini juga mempertanyakan intervensi pengawas sekolah dalam proses pengadaan buku. Dimana dalam proses pengadaan buku, penunjukan pemenang harus melalui rekomendasi pengawas sekolah. (***)

Berita dengan judul: Terindikasi Korupsi, Sejumlah Kepsek Di Kabupaten TTS Diperiksa Polisi pertama kali tampil pada LIPUTAN4.COM. Reporter: ERIK SANU

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x