4 Poin Isi MoU Panglima TNI dan Kapolri yang Ditandatangani di Peringatan HUT Ke-78 TNI

4 Poin Isi MoU Panglima TNI dan Kapolri yang Ditandatangani di Peringatan HUT Ke-78 TNI

HAK SUARA
5 Okt 2023 15:56
Nasional 0 97
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, JAKARTA— Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meneken nota kesepahaman kerja sama (MoU) memperkuat sinergi terutama dalam latihan, operasi, pengamanan dan pendidikan.

Dokumen kerja sama itu ditandatangani oleh Panglima dan Kapolri pada sela-sela Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis.

Laksamana Yudo, saat jumpa pers selepas acara menjelaskan MoU itu mencakup kerja sama pengamanan, latihan pasukan, operasi, dan kegiatan pendidikan.

“Tentunya itu nanti akan kami laksanakan sesuai dengan derajat kemungkinannya akan sejauh mana, kami akan siapkan untuk itu,” kata Panglima TNI menjawab pertanyaan wartawan.

Dalam peringatan HUT Ke-78 TNI, sinergi dua instansi itu terlihat salah satunya saat TNI menampilkan aksi terjun payung di atas langit Monumen Nasional. Para penerjun yang jumlahnya sebanyak 78 orang merupakan prajurit TNI dan anggota Polri.

TNI dan Polri dalam tiap kegiatan nasional dan internasional, termasuk dalam pengamanan pemilihan umum juga konsisten bekerja sama. Dalam pengamanan pemilu, prajurit TNI membantu anggota Polri menjaga ketertiban dan memastikan situasi tetap kondusif.

Sementara itu, terkait Pemilu 2024, Panglima TNI kembali menegaskan TNI netral. Dia menilai kunci utama kesuksesan pemilihan umum hanya terwujud apabila TNI, Polri, dan ASN netral.

“Saya menekankan pada prajurit saya seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bagaimana cara-cara TNI tetap netral, karena kuncinya cuma satu dalam menyukseskan pemilu kuncinya TNI, Polri, ASN harus netral,” kata Panglima TNI saat jumpa pers selepas upacara.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x