Bukan Soal Perang dan Politik, Presiden Jokowi Perintahkan Prajurit TNI Ikut Urus Soal Pangan

HAK SUARA
5 Okt 2023 17:54
Politik 0 120
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) peka terhadap dampak dari krisis pangan global terhadap stabilitas bangsa.

Presiden Jokowi mengingatkan urusan pangan adalah urusan perut manusia, sehingga sangat penting dan menentukan stabilitas negara.

“Saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut, sangat penting, dan penentu stabilitas bangsa,” kata Jokowi dalam peringatan HUT Ke-78 TNI di Monas, Jakarta, Kamis dikutip dari Antara.

Jokowi mengingatkan krisis pangan menjadi perhatian negara-negara di dunia. saat ini. Sebanyak 22 negara sudah membatasi ekspor pangan-nya guna menjaga stok pangan di dalam negeri masing-masing. Krisis pangan global yang terjadi saat ini disebabkan adanya dampak perubahan iklim dan gangguan rantai pasok global karena instabilitas geopolitik.

“Saya juga ingin mengingatkan dunia sedang menghadapi krisis utamanya krisis pangan akibat perubahan iklim dan akibat terganggunya rantai pasok dunia,” kata Jokowi.

Dalam Upacara HUT Ke-78 TNI di Monas, Jakarta, Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Jokowi juga menaiki tank untuk memeriksa pasukan upacara.

Pasukan upacara parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji 1 Brigade Gabungan yakni 1 Batalyon (Yon) POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI, 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, dan 1 Yon Gabungan Komponen Cadangan (Komcad) dan Komduk dan Satsik.

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x