Jokowi Mengemukakan Relawan Berperan Jadi Sistem Pendingin Jelang Pemilu 2024

HAK SUARA
7 Okt 2023 17:27
Politik 0 71
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan relawan harus berperan sebagai sistem pendingin menghadapi dinamika politik yang terjadi di masyarakat menjelang kontestasi Pemilu 2024.

“Tolong, saya minta bantuan seluruh relawan agar seluruh relawan jadi sistem pendingin yang membuat suasana adem ‘di bawah’, setuju?,” kata Jokowi saat menyampaikan arahan dalam Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Jokowi berpesan kepada sekitar 16 ribu Relawan Alap-Alap Jokowi bahwa kontestasi Pemilu 2024 merupakan ajang politik yang rutin diselenggarakan setiap lima tahun sekali di Indonesia.

“Kalau ada yang panas-panas, sudah disiram air biar dingin. Kalau ada ribut kecil di bawah, beri wejangan, beritahu bahwa pemilu selalu ada setiap lima tahun. Siap?,” kata Jokowi disambut riuh tepuk tangan relawan.

Jokowi berharap kontestasi Pemilu 2024 dapat berjalan damai tanpa diwarnai intrik politik, seperti ujaran kebencian hingga berita bohong atau hoaks.

Pemilu harus dijalani dengan riang dan gembira karena setiap lima tahun sekali pemilu akan terus digelar, kata Jokowi.

“Kalau setiap pemilu saling benci, memfitnah, saling menjelekkan, dan saling merendahkan, kapan bangsa ini jadi bangsa besar,” katanya.

Ciri bangsa yang besar, kata Jokowi, tampak dari ikatan persatuan yang kuat serta mengedepankan kerukunan.

“Saya kadang geleng-geleng, masyarakat di bawah masih ramai, padahal pemimpin di atas sudah ‘ngopi-ngopi bareng’. Yang di atas sudah makan bersama, tetepi yang di bawah kok masih ramai,” katanya. (antara/fajar)

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x