Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024 Dengan Thema : “Membangun Karakter Qur’ani Untuk Padangsidimpuan Mantap”

HAKSUARA.CO.ID
18 Mei 2024 23:14
Berita 0 29
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID – PADANGSIDIMPUAN – SUMUT

-Padangsidimpuan
Pemerintah Kota Padangsidimpuan menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke – XXIII Tahun 2024 yang dibuka secara resmi oleh Pj. Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunte, SKM, M. Kes di Lapangan Sepak Bolak Sabungan Jae pada Jum’at (17/05/2024).

Tuan rumah MTQ tahun ini adalah Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Perhelatan akbar ini akan berlangsung mulai 17 Mei s/d 19 Mei 2024 yang dilaksanakan di Perumahan Sabungan Indah, Kelurahan Sabungan Jae.

Thema yang diangkat pada MTQ Ke-XXIII Tahun 2024 Kota Padangsidimpuan adalah ” Membangun Karakter Qur’ani Untuk Padangsidimpuan Mantap.”

H. Letnan Dalimunte pada arahannya mengatakan tema ini sangat cocok untuk keadaan saat ini.

Dalam penjelasannya, MTQ berfungsi sebagai syiar Islam dan pengagungan kalam ilahi. Selain itu juga merupakan perluasan fungsi edukatif dari Kitab Suci Al Qur’an.

“Saya mengharapkan MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an, tetapi jalan mengedukasi dan membumikan Al Qur’an.”

“MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.” Terangnya.

Dari laporan Plt. Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan, Roni Gunawan Rambe, mengatakan MTQ diikuti oleh enam kecamatan di Kota Padangsidimpuan dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 244 orang.

Ada delapan jenis cabang yang dilombakan yaitu tilawah qur’an, tartil qur’an, hifzil qur’an, fahmil qur’an, syarhil qur’an, tafsir qur’an, khottil qur’an, dan karya tulis ilmiah Al Qur’an

“Dapat kami tambahkan bahwa yang terbaik pada MTQ ini akan mewakili Kota Padangsidimpuan pada MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 di Kabupaten Tapanuli Selatan.” Tuturnya.

MTQ Ke-XXIII Tahun 2024 Kota Padangsidimpuan resmi dibuka ditandai dengan pemukulan beduk oleh Pj. Walikota Padangsidimpuan yang kemudian diikuti oleh pejabat lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera MTQ.(FHG)

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x