Ratusan Seniman Budaya Meriahkan Festival Asmat Pokman

Ratusan Seniman Budaya Meriahkan Festival Asmat Pokman

HAK SUARA
8 Okt 2023 19:15
Ragam 0 45
1 menit membaca

Ratusan Seniman Budaya Hiasi Festival Asmat

TIMIKA | Sebanyak 567 seniman budaya asli suku Asmat hadir memeriahkan pelaksanaan Festival Asmat Pokman (FAP) ke 36 tahun mulai Sabtu 7 Oktober hingga 11 Oktober 2023 di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan.

Ratusan seniman ini terdiri dari 195 pengukir patung kayu, dan 53 penganyam noken yang adalah mama-mama asli suku Asmat.

Ada juga 125 pendayung dan 75 penari tradisional serta 120 penari tarian kreasi.

Para pengukir dan penganyam datang dengan hasil ukiran kayu dan noken serta hiasan lainnya yang dibuat untuk dipamerkan dan dijual kepada para pengunjung festival.

125 pendayung menunjukkan kepiawaiannya mendayung dengan posisi berdiri dan membentuk formasi formasi yang mengagumkan di sungai Asuwet. Begitu juga para penari, menampilkan tarian-tarian tradisional dan kreasi.

Semua pagelaran yang ditampilkan selama Festival Asmat Pokman ini dibuat untuk meningkatkan pengelola pariwisata Asmat sebagai salah tujuan wisata di Tanah Papua.

Selain itu, festival yang diadakan berkat kerjasama Pemkab Asmat dan Keuskupan Agats ini juga bertujuan untuk menjalin persaudaraan antara suku Asmat dan suku-suku lain di kabupaten Kabupaten Asmat.

Artikel ini telah tayang di seputarpapua.com
LINK SUMBER : Ratusan Seniman Budaya Meriahkan Festival Asmat Pokman

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x