Survei LSI, Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul Jika Terjadi Putaran Kedua

Survei LSI, Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul Jika Terjadi Putaran Kedua

HAK SUARA
4 Okt 2023 20:56
Politik 0 46
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, JAKARTA – Nama Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang bersaing sebagai elektabilitas tertinggi berdasarkan survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) berjudul Masalah-Masalah Sepak Bola dan Pilihan Politik.

Ganjar dalam simulasi terbuka atau top of mind menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi dengan 25,5 persen, sedangkan Prabowo memperoleh 23,3 persen. “Secara statistik sama kuat. Baru disusul kemudian Anies Baswedan dengan 13,2 persen,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers secara daring, Rabu (4/10).

Elektabilitas Ganjar juga kembali unggul ketika LSI melakukan survei dalam simulasi 10 nama dengan capaian 26,8 persen, sedangkan Prabowo memperoleh 26,7 persen. “Disusul kemudian Anies Baswedan. Nama lain di bawah 10 persen,” lanjut Djayadi.

Namun, nama Prabowo malah unggul dibandingkan Ganjar ketika LSI melakukan survei dalam simulasi tiga nama dengan berbanding elektabilitas 34,0 persen serta 30,4 persen.

“Jadi, untuk tiga nama, Prabowo unggul tipis, tetapi secara statistik tidak signifikan,” lanjut Djayadi.

Nama Prabowo kembali unggul dari Ganjar ketika LSI melakukan survei dua nama atau simulasi head to head.

Eks Danjen Kopassus itu memiliki elektabilitas sebesar 45,7 persen dalam simulasi dua nama, sedangkan Ganjar hanya memperoleh 34,4 persen. “Kalau putaran kedua yg bertarung Ganjar dan Prabowo, pada September ini Prabowo unggul 11,3 persen,” katanya.

Sosok Ganjar dan Prabowo berturut-turut unggul apabila disimulasikan bertarung head to head dengan Anies. “Kalau dua putaran yamg masuk Ganjar atau Anies. 47,6 persen itu Ganjar. Anies itu 33,1 persen. Unggul signifikan. Kemudian kalau yang masuk putaran kedua Prabowo dan Anies, maka Prabowo mendapatkan 50,2 persen dan Anies 26,0 persen Makin jauh selisihnya,” ungkap Djayadi.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x