Tiga Faktor Penyebab Elektabilitas Prabowo Sulit Dikejar Ganjar dan Anies, Waspada!

Tiga Faktor Penyebab Elektabilitas Prabowo Sulit Dikejar Ganjar dan Anies, Waspada!

HAK SUARA
7 Okt 2023 14:24
Politik 0 38
1 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, JAKARTA — Bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto kembali diunggulkan publik berdasarkan hasil Lembaga Survei Nasional (LSN) yang menunjukkan elektabilitasnya unggul sebesar 40,9 persen.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengungkapkan, sebanyak 40,9 persen responden memilih Prabowo, kemudian 33,1 persen menyatakan memilih Ganjar Pranowo dan 22,2 persen menjatuhkan pilihan kepada Anies.

Sementara itu, sebanyak 3,8 persen responden belum punya pilihan (undecided).

Ada tiga faktor penyebab elektabilitas Prabowo masih dominan dalam survei LSN.

Pertama, faktor Presiden Jokowi masih merupakan variabel yang tak bisa dibantah sebagai penyebab utama sulitnya Ganjar mengejar elektabilitas Prabowo.

“Bagian terbesar publik atau 48,5 persen responden meyakini bahwa bakal capres yang akan mendapatkan endorsemen dari Presiden Jokowi untuk menjadi Presiden RI periode 2024—2029 adalah Prabowo Subianto,” jelas Bakry dalam keterangannya diterima pada Sabtu (7/10/2023).

Sementara itu, bergabungnya Partai Demokrat dan makin mantapnya dukungan dari partai-partai dalam KIM memiliki efek positif pada kokohnya elektabilitas Prabowo Subianto.

Pemilih Partai Demokrat pada bulan Juli 2023 yang mendukung Prabowo baru 32,8 persen. Namun, setelah resmi bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo, meningkat menjadi 42,8 persen.

Faktor ketiga, keberhasilan kubu Prabowo Subianto membangun strategi inklusif untuk menampung dan mempersatukan seluruh komponen bangsa juga menjadi faktor penentu.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x