Waspada Keputihan Abnormal Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

HAK SUARA
3 Okt 2023 23:57
Kesehatan 0 97
2 menit membaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Keputihan merupakan suatu kondisi cairan bening atau lendir kental keluar dari area vagina. Kondisi ini adalah cara alami organ reproduksi pada wanita untuk menjaga kebersihan, kelembaban dan melindungi dari infeksi.

Dalam cairan yang keluar turut membawa sel mati dan bakteri yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim. Menurut Prof dr Zubairi Djoerban kondisi ini adalah hal normal sebagai mekanisme perlindungan.

Mekanisme perlindungan pada vagina normal berbeda dengan jaringan tubuh lainnya yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi (pH).

Namun, beberapa kondisi menandakan suatu gejala penyakit serius. Seperti apa kondisi yang dimaksud?

  1. Warna

Dalam hal ini warna lendir bisa jadi tanda yang paling umum. Pada saat warnanya berubah, tidak bening atau kehijauan maka Anda perlu waspada.

  1. Gatal dan Nyeri
    Kondisi ini juga kadang disertai rasa gatal atau nyeri di bagian perut bawah. Selain itu, biasanya disertai dengan bercak darah.

Rasa nyeri pada perut bawah perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda infeksi pada rongga panggul.

  1. Waktu Terjadinya

Kondisi abnormal lainnya yang bisa ditandai adalah waktu keluarnya. Misalnya pada saat setelah berhubungan intim atau saat-saat tertentu.

Jika kondisi terus berlanjut, bagi mereka yang telah memiliki suami, kemungkinan terdapat penyakit seksual menular. Sehingga, tidak hanya istri yang diperiksa tetapi juga suaminya.

Pemeriksaan dilakukan oleh ahli dengan mengambil lendir vagina dan diperiksa di bawah mikroskop.

*Keluhan Umum

Keluhan umum yang bisa jadi tanda adanya kanker adalah sering terjadi adalah adanya pendarahan di luar jadwal menstruasi, terutama setelah melakukan hubungan intim.

Kerlas Kerja

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x