Bentuk Karakter Anak Cegah Perundungan, Eri Cahyadi Dorong Guru dan Orang Tua Terlibat

Bentuk Karakter Anak Cegah Perundungan, Eri Cahyadi Dorong Guru dan Orang Tua Terlibat

HAK SUARA
3 Okt 2023 22:26
Peristiwa 0 44
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID, SURABAYA — Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendorong para guru dan orang tua ikut membentuk karakter anak sebagai upaya mencegah perundungan atau bullying di kalangan pelajar.

”Buat saya ketika menyampaikan sesuatu saja (perkataan melukai), itu bisa menjadi perundungan,” kata Eri seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Selasa (3/10).

Dia mencontohkan seorang anak bernama A mengajak temannya B untuk tidak berteman dengan si C. Ajakan si A kepada B itu bisa dikategorikan dalam perundungan verbal kepada C.

”Sehingga (perundungan) verbal-verbal itulah yang kami coba hilangkan di Surabaya,” ujar Eri.

Dia mengakui telah bertemu dengan para guru di sejumlah SD-SMP Surabaya untuk menggugah mereka lebih perhatian dalam membentuk karakter peserta didik. Perundungan pelajar itu bisa terjadi karena faktor tidak adanya kedekatan antara guru dan siswa. Karena itu, dia mengagendakan pertemuan dengan para guru melalui zoom.

”Saya (akan) bilang Bu Guru kalau bisa setelah mengajar anaknya dibilangi. Misalnya, le kamu adalah anakku, saya doakan kamu jadi pemimpin. Nah, itu yang tidak pernah dilakukan sama seorang guru. Jadi sekarang kalau selesai pelajaran akademik langsung balik,” ucap Eri.

Pada pertemuan sebelumnya, kata dia, ada beberapa guru yang sampai menangis karena mengaku tidak pernah memberikan nasihat kepada muridnya setelah selesai pelajaran.

Selain dengan para guru, wali kota juga sempat bertemu dan menyampaikan hal yang sama dengan orang tua murid. Perasaan yang sama juga diungkapkan para orang tua dan mengakui kurang ada kedekatan dengan anak-anak mereka.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x