Soal Serangan Balasan Hamas ke Israel, MUI: Bisa Jadi Momentum Membebaskan Rakyat Palestina dari Penjajahan

Soal Serangan Balasan Hamas ke Israel, MUI: Bisa Jadi Momentum Membebaskan Rakyat Palestina dari Penjajahan

HAK SUARA
8 Okt 2023 11:26
Peristiwa 0 30
2 menit membaca

HAKSUARA.CO.ID — Serangan balasan Hamas terhadap Israel bisa menjadi momentum bangsa Palestina memperkuat heroisme untuk membebaskan rakyat dan bangsa Palestina yang dijajah dalam kurun waktu yang panjang.

Demikian pernyataan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional,​​​​ Sudarnoto Abdul Hakim.

“Banyak momentum rakyat dan bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaan,” katanya dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu (8/10/2023).

Menurut Sudarnoto, peristiwa tersebut juga seharusnya menjadi momentum bagi seluruh faksi Palestina seperti Fatah dan kelompok lainnya untuk bersatu padu mengkonsolidasi diri memperkuat upaya kemerdekaan bangsa Palestina.

“Kami berharap betul setiap momentum untuk kedaulatan dan kemerdekaan Palestina bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh setiap faksi Palestina. Dengan cara ini, maka Israel akan semakin kehabisan waktu dan kekuatannya”.

“Serangan balasan Hamas merupakan reaksi terhadap tindakan sewenang-wenang otoritas Israel yang berlangsung sejak lama dan secara sistemik menghancurkan kedaulatan rakyat dan bangsa Palestina,” katanya.

Peristiwa membelah Masjid Al Aqsa disertai dengan berbagai aksi provokatif kelompok Yahudi ekstrem melakukan ibadah di arena Al Aqsa juga menjadi salah satu pemicu serangan Hamas terhadap Israel.

“Ditambah dengan berbagai fakta pengkhianatan terhadap perjanjian yang dilakukan Israel, menggambarkan bahwa Israel memang harus membayar mahal. Serangan terbesar Hamas ini menjadi alat bayar Israel dan Israel tentu saja harus menanggung sendiri,” katanya.

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
x
x